Loading...

Link & Aplikasi

    

Peningkatan IKJHI 2024: Jemaah Haji Puas dengan Layanan Kementerian Agama

Blog Single

Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis data yang menunjukkan peningkatan signifikan pada Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) tahun 2024. Hasil survei menunjukkan bahwa IKJH tahun ini mencapai angka 88,2 yang termasuk dalam kategori sangat memuaskan.

Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 85,85. Dengan jumlah kuota jemaah haji tertinggi sepanjang sejarah penyelenggaraan ibadah haji yakni sejumlah 241.000 orang, hal ini menunjukkan bahwa jemaah haji tahun 2024 sangat puas dengan layanan yang diberikan oleh Kementerian Agama RI.

Survei yang dilakukan oleh BPS dilakukan dengan pengisian kuesioner secara mandiri oleh 14.400 jemaah terhadap kualitas berbagai pelayanan yang diterima. Selain itu, BPS juga melakukan wawancara serta obervasi fasilitas dan proses pelayanan yang diterima oleh Jemaah haji tahun 2024.

Berdasarkan data yang dirilis oleh BPS, empat daerah kerja yakni Madinah, Makkah, Armuzna, dan daerah kerja Bandara berada pada kategori memuaskan dan sangat memuaskan. Secara khusus, daerah kerja Armuzna menunjukkan peningkatan kepuasan tertinggi dibanding tahun 2023 di seluruh komponen pelayanan, tertinggi pada komponen layanan konsumsi.

Di samping itu, BPS juga melakukan survei terhadap 10 jenis layanan haji yang meliputi transportasi bus shalawat, transportasi bus antarkota, hotel, petugas haji, konsumsi non-Armuzna, layanan ibadah, layanan umum, transportasi bus Armuzna, konsumsi Armuzna, dan tenda. Dari hasil survei, 8 jenis layanan masuk kategori sangat memuaskan, di mana jenis layanan tertinggi adalah layanan transportasi bus shalawat sebesar 91,61, yakni 1,7 poin lebih tinggi daripada tahun 2023.

Sementara itu, 2 jenis layanan masuk kategori ‘memuaskan’, yakni konsumsi Armuzna dan Tenda. Meski demikian, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terdapat lima jenis layanan 2024 yang mengalami peningkatan kepuasan tertinggi dibanding 2023. Kelima jenis layanan tersebut secara urut yaitu konsumsi di Armuzna (naik 11,7 poin), transportasi bus Armuzna (naik 6,84 poin), tenda (naik 3,16 poin), layanan umum (naik 2,88 poin), dan konsumsi non-Armuzna (naik 2,3 poin).

Hasil IKJHI tahun 2024 ini menegaskan bahwa usaha dan kebijakan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang didukung oleh banyak pihak berhasil membuat Jemaah haji sangat puas terhadap layanan yang diberikan oleh Kementerian Agama. Hal ini juga membuktikan bahwa pelayanan yang disampaikan oleh Kementerian Agama menunjukkan ketangguhan layanan dan kualitas pelayanan unggul untuk umat.

Share this Post: