Wujudkan Kepedulian kepada Masyarakat, IAIN Kudus Berbagi Daging Qurban

Blog Single

Dalam rangka perayaan Hari Idul Adha 1442 Hijriah,  IAIN Kudus melalui panitia qurban menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban pada Rabu (22/07/2021).

Bertempat di halaman masjid IAIN Kudus, Rektor IAIN Kudus Dr. H. Mudzakir,M.Ag. mewakili para mudhohi secara simbolik menyerahkan hewan qurban kepada panitia qurban.

“ Qurban kali ini kita maksudkan sebagai bagian dari kepedulian kita terhadap masyarakat di lingkungan IAIN Kudus, baik untuk warga kampus sendiri maupun warga sekitar kampus” ucapnya.

Tak hanya itu  Mudzakir juga  menyampaikan  bahwa kegiatan peduli dan berbagi ini juga sebagai simbol dari mengorbankan sifat-sifat kesombongan, tidak mau peduli kepada sesama, merasa lebih dari yang lain, dan ego sektoral yang sering muncul dan kadang lebih menonjol.

“ Maka mari kita hilangkan sebagai bagian dari  pengorbanan kita, dan itu lebih berat dibanding sekedar mengeluarkan beberapa rupiah, untuk membeli kerbau. Mari terus kita upayakan bahwa kita sesungguhnya tidak ada artinya, tanpa ada orang lain, maka sifat-sifat kerjasama, kolaborasi terus kita bangun. Alhamdulillah dengan kolaborasi kita dapat membeli 4 ekor qurban” terangnya.

Meskipun masih dalam suasana pandemi covid-19 dan dalam situasi PPKM Darurat, Rektor mengingatkan kepada seluruh panitia dalam proses penyembelihan hingga distribusi untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Qurban IAIN Kudus Dr. Fuad Munajat, S.S., M.A. melaporkan bahwa berkat Program Qurban yang merupakan qurban dari dosen dan tendik di IAIN Kudus yang telah berjalan selama enam bulan, sehingga tahun ini IAIN Kudus mampu berqurban 4 ekor kerbau. Dan Fuad menyampaikan bahwa seluruh hewan qurban tersebut telah mendapatkan lisensi kesehatan dari  dinas kesehatan Kab. Kudus.

“Distribusi untuk tahun ini akan diperluas dari tahun sebelumnya. Daging akan didistribusikan ke warga kampus, warga sekitar kampus, ditambah dengan rumah yatim piatu, dan kelompok marginal yang datanya sudah masuk ke panitia. Insya Allah akan makin berkah untuk IAIN Kudus dan kita semua” ungkapnya.

Adapun pendistribusian untuk warga kampus diantaranya untuk OB, satpam, pegawai kontrak,  mudhohi, dan peserta qurban. Selain itu daging qurban juga  diperuntukkan bagi warga sekitar kampus yang dibagikan untuk 6 RW di Desa  Ngembalrejo. Di samping itu, daging qurban juga akan didistribusikan ke rumah yatim piatu dan komunitas marginal atau yang membutuhkan diantaranya Panti Asuhan Darul Hadlonah, Panti asuhan Nurul Jannah, Pesantren Disabilitas Al Achsaniyyah, Komunitas Sosial Argopuro Hadipolo, Panti Rehabilitasi Jalma Sehat Jekulo dan Panti Asuhan Samsah.

Fuad menambahkan bahwa meskipun pelaksanaan penyembelihan dan pembagian daging qurban ini diselenggarakan dalam kondisi PPKM Darurat  seluruh panitia tidak lupa dengan penerapan prokes.

“Penerapan protokol kesehatan sangat ketat, lokasi sudah kami semprot dengan p desinfektan, seluruh panitia yang bertugas, menggunakan masker, menjaga jarak, menggunakan hand sanitizer, dan penyerahan daging qurban langsung  kepada penerima” pungkasnya.(Yusi)

Share this Post:

Related Posts: