Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Publikasi Ilmiah pada Jurnal Bereputasi Internasional, Para Doktor di IAIN Kudus Ikuti Pelatihan

Blog Single

Sebanyak 10 ASN dosen dan tenaga kependidikan bergelar doktor ikuti Pelatihan Penulisan artikel pada jurnal bereputasi internasional di Kertagama Global Academika (KGA) Yogyakarta selama enam hari (09-14/02/2021).

Salah satu peserta pelatihan Ketua LPM Dr. Nur Aris, M.Ag. menyampaikan bahwa pelatihan ini akan diagendakan secara bergilir dan berkelanjutan. Sebelumnya pada akhir Tahun 2020 kemarin 2 orang ASN Dosen telah mengikuti pelatihan serupa di KGA. Pada angkatan kedua ini diprioritaskan bagi yang telah bergelar doktor dan memiliki masa kerja mencapai 20 tahun. Hal ini sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi jurnal bereputasi Internasional di IAIN Kudus serta untuk mempersiapkan akselerasi guru besar agar lebih terencana.

Pada pelatihan penulisan artikel pada jurnal bereputasi internasional ini, ada target secara komprehensif untuk dapat mewujudkan satu artikel submit di jurnal terindeks Scopus” ujarnya.

Pelatihan yang dibimbing oleh Prof. Dr. Irwan Abdullah dan Tim Mentor ini membekali peserta beberapa materi di antaranya Peta Jurnal Scopus, Penyusunan Outline, Penyediaan Data, Konstruksi Introduction, Pelatihan Menulis, Penulisan Literatur, Finalisasi hasil dan pelatihan teknis lainnya.

Selama 6 hari mengikuti pelatihan Nur Aris mengaku pelatihan ini begitu sangat luar biasa mencerahkan. Awalnya terasa sulit menuangkan  ide ke dalam bentuk tulisan setelah mendapat bimbingan secara intensif dari Prof. Irwan waktu sangat tidak terasa karena asik menulis artikel.

 “Harapannya yang sudah dilatih wajib submit artikel di jurnal bereputasi internasional dan menjadikan penulisan artikel menjadi budaya akademis di kalangan dosen dan mahasiswa IAIN Kudus” sambungnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Dekan Fakultas Syariah, Dr. Any Ismayawati, M.Hum. menurutnya pelatihan ini memberi pencerahan bahwa menulis bisa dilakukan dengan fun, kapan saja dan di mana saja. Any akan mencoba menerapkan teknik sebagaimana dalam pelatihan untuk memotivasi dosen-dosen lebih giat menulis.


“Dengan giat menulis secara logis dan terstruktur, akan menghasilkan artikel yang lebih baik dari sisi kualitas maupun kuantitas, yang akan membantu meningkatkan publikasi ilmiah civitas akadamika IAIN Kudus” tegasnya. (Yusi)

Share this Post:

Related Posts: