Link & Aplikasi

    

Pelajari Layanan Akademik, IAIN Kudus Benchmarking ke UIN Bandung

Blog Single

Sub Bagian Layanan Akademik dari Bagian Umum dan Layanan Akademik Biro AUAK IAIN Kudus mengadakan Benchmarking (studi banding) ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada 27-29 Mei 2024. Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Wakil Rektor I Prof.Dr.H.Ihsan, M.Ag, ini diikuti oleh Kabag Umum dan Layanan Akademik, Kasubbag Layanan Akademik, unit PMB, TIPD, SPI dan staf subbag layanan akademik.

Rombongan diterima oleh Ka Biro AUPK UIN Bandung, Dr. H.Imam Safe’i, M.Pd, Kabag Akademik, dan Ka unit PMB serta para staf dari Bagian Akademik UIN Bandung. Dalam sambutannya Ka Biro AUPK menyampaikan selamat datang pada rombongan IAIN Kudus dan menyatakan bahwa dalam pengembangan lembaga kita harus berani membuat terobosan baru, program baru dalam pengembangan kampus.

“Kita semua harus  berani memulai membangun sesuatu yang baru dengan menunjukkan kekhasan, kelebihan dari lembaga serta melakukan inovasi dalam berbagai bidang” pesannya.

Wakil Rektor I IAIN Kudus Prof. Dr. H. Ihsan, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang telah dengan senang hati menerima rombongan dari IAIN Kudus.

“Tujuan kunjungan kami ini tidak lain adalah silaturrohim, ngaji, dan belajar di UIN Bandung. Strategi apa yang dipakai UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam Mengembangkan Lembaga” jelasnya.

Lebih lanjut Ihsan menjelaskan benchmarking ini dalam rangka belajar dan mengkomparasi layanan akademik di UIN Bandung berupa layanan PMB  (Penerimaan Mahasiswa Baru) seperti strategi promosi untuk peningkatan pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru dimana UIN Bandung merupakan peringkat 2 (dua) terbesar pendaftar di PTKIN seluruh Indonesia, serta belajar tentang implementasi infrastruktur system informasi PMB dan layanan didalamnya seperti proses pendaftaran berbagai jalur yaitu jalur SPAN, UMTPKIN, Mandiri Prestasi , Lokal Mandiri dan Internasional Admission,  proses verifikasi berkas PMB, proses validasi UKT, serta prosedur layanan pendaftaran untuk mahasiswa internasional.

Sedangkan untuk akademik,  mengkomparasi dokumen panduan akademik, dari proses penyusunan, isi dan implementasi panduan akademik untuk civitas akademika, serta  belajar tentang proses layanan wisuda, dari pendaftaran wisuda, implementasi infrastruktur aplikasi untuk pendaftaran Wisuda dan jadwal pelaksanaan wisuda, penyiapan ijasah mulai dari penentuan tanggal penerbitan ijazah beserta salinannya dalam bahasa asing dalam hal ini salinan bahasa inggris dan arab.

Share this Post:

Galeri Photo