Praktikkan Teori Selama Perkuliahan, 15 Mahasiswa Fakultas Syariah Terjun Ke PA Rembang

Blog Single

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan perpaduan berbagai komponen pengajaran yang diaplikasikan ke dalam praktik pengalaman lapangan. Dan kegiatan ini dikategorikan sebagai kegiatan praktikum yang dilaksanakan di lapangan oleh mahasiswa.

Bertempat Pengadilan Agama Kelas IB Rembang, 15 mahasiswa Fakultas Syariah melaksanakan PPL di Pengadilan Agama Kelas IB Rembang pada Senin (11/10/2021).

Luqman Nurhisam, M.S.I. selaku Dosen Pendamping PPL menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan PPL ini  mendidik dan melatih mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kudus agar mendapatkan pengalaman praktis tentang prosedur beracara dalam kasus hukum pidana dan perdata di Pengadilan Agama  Rembang.

“Pelaksanaan kegiatan PPL dapat berupa Pengalaman praktik yang terangkum dalam kegiatan pemagangan mahasiswa untuk mendukung pembelajaran, meningkatkan kompetensi dan profesionalisme praktik penerapan hukum pidana dan perdata yang tidak terpisahkan dari kurikulum Fakultas Syariah IAIN Kudus” terangnya.

Selain itu Luman menuturkan bahwa manfaat dari pelaksanaan kegiatan PPL bagi mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kudus untuk mendapatkan pengalaman nyata dan mempraktekkan teori yang mahasiswa peroleh dan kuasai secara interdisipliner selama masa perkuliahan. 

“Selain itu, dengan adanya kegiatan PPL juga memberikan manfaat bagi mahasiswa untuk dapat menjalani proses membangun mental diri, merubah pola pikir mahasiswa menjadi lebih kreatif dan mandiri serta menambah pengalaman dalam dunia kerja, alih-alih cuma mempelajari ilmu pengetahuan secara teoritis di bangku perkuliahan” jelasnya.

Lebih lanjut Lukman menambahkan meskipun pelaksanaan kegiatan PPL mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Kudus dilaksanakan hanya tiga pekan, yang terpenting adalah bagaimana mahasiswa PPL bisa berproses di pengadilan nanti secara optimal. 

“Semoga dengan adanya pelaksanaan kegiatan PPL ini mendapatkan ilmu yang manfaat dan keberkahan, dan semoga kelak menjadi bekal penting ketika berada di dunia kerja” pungkasnya.(Lukman/Yusi)

Share this Post:

Related Posts: