Tim KKN-IK IAIN Kudus Desa Ternadi 2 Lakukan Penanaman 500 Bibit Pohon

Blog Single

Senin, (20/10) Tim KKN-IK IAIN Kudus Desa Ternadi 2 melakukan Penanaman Pohon untuk Konservasi Kawasan Alam Desa Ternadi Melalui Penanaman 500 Bibit Pohon bersama warga Desa Ternadi.

Bertempat di Wana Wisata Gardu Pandang Ternadi Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Pukul 09.00-Selesai. Adapun Bibit Pohon tersebut merupakan bantuan dari Persemaian Permanen Bangsri Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Pemali Jratun. Bibit pohon yang ditanam di wilayah wana wisata ternadi ada berbagai jenis seperti Pucuk Merah, Tabebuya, Mahoni, Trembesi, Flamboyan, Ketapang, Petai, Matoa, Alpukat.

Menurut Penuturan ketua KKN-IK Desa Ternadi 2 IAIN Kudus Muhammad Zaim Al Faqih, program tersebut adalah salah satu program kerja yang dilaksanakan Tim KKN-IK Desa Ternadi 2 IAIN Kudus dalam Revitalisasi Tumbuhan disekitar Desa Ternadi dalam bentuk gerakan Penanaman Pohon. 

“Program ini diharapkan memberikan dampak positif dan keuntungan bagi alam dan masyarakat disekitar” ungkapnya.

Zaim  menjelaskan bahwa dalam program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-IK Desa Ternadi 2 IAIN Kudus yang berjumlah 10 mahasiswa ini bertujuan untuk 1.) Peningkatan motivasi dan kesadaran masyarakat sekitar untuk menjaga dan memanfaatkan pohon buah dan peka terhadap kebersihan wana wisata secara bertanggung jawab, 2.) Peningkatan pengetahuan dan penerapan kearifan lokal tentang konservasi, 3.) Perbaikan ekosistem wilayah wana wisata secara terpadu dan berbasis. Bentuk Kegiatan tersebut adalah kerja bakti membersihkan sampah di sekitar wana wisata gardu pandang desa ternadi, penanaman 500 bibit pohon, dan papanisasi sekitar wana wisata.

  "Kegiatannya bagus dan kedepannya bisa ditindak lanjuti warga setempat terutama pedagang di sekitar wana wisata ternadi seperti merawat pohon dengan menyiram dan memupuknya, setelah dirawat nantinya tanaman bisa rindang jadi ketika ada wisatawan yang berkunjung dapat berwisata dengan aman dan nyaman serta saya harap dengan penanaman pohon yang dilaksanakan tim KKN-IK IAIN Kudus dapat bermanfaat bagi alam sekitar," tutur Penanggung Jawab Kepala Desa Bapak Kahono menanggapi kegiatan konservasi kawasan wisata alam Desa Ternadi.

Adapun Kendala yang dihadapi di wana wisata ternadi adalah kesulitan dalam mengaliri air untuk merawat dan menyirami pohon hal ini diungkapkan oleh ibu Tinah salah satu pedagang yang ada di Wana Wisata Ternadi. Tim KKN-IK Desa Ternadi 2 IAIN Kudus juga melakukan sosialisasi kepada pedagang setempat untuk peningkatan pelestarian lingkungan alam di wana wisata ternadi dan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang ada di wana wisata Ternadi.

Henry Setya Budhi, M.Pd selaku DPL KKN-IK Desa Ternadi 2 menyampaikan bahwa  penanaman pohon itu merupakan salah satu bagian dari langkah program pengembangan wisata di desa Ternadi.

“Dimana terdapat beberapa langkah antara lain: pelestarian lingkungan, pengembangan wirausaha dan produk lokal, pelestarian budaya,  branding wisata dan promosi. Penanaman itu merupakan bagian dari langkah pertama” ujarnya.

Henry menambahkan setelah kegiatan penanaman nanti akan diikuti kegiatan kebersihan, perbaikan sarana kebersihan area wisata, sosialisasi guna meningkatkan literasi pentingnya menjaga lingkungan bagi warga dan anak-anak di area tersebut.

 

Penulis : Ika Ainur Rohmah

Editor : Yusi

Share this Post:

Related Posts: