KKN IAIN Kudus Gali Potensi Wisata di Desa Tanjungrejo

Blog Single

Peningkatan potensi wisata pada Desa Tanjungrejo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus menjadi salah satu program yang sedang dilaksanakan oleh Tim KKN IAIN Kudus Desa Tanjungrejo.  Untuk menggali potensi-potensi yang ada tim melaksanakan survey (Kudus, 13/09/21). Terdapat Bendungan Logung yang salah satu menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi wisata. Di tempat ini wisatawan dapat menaiki perahu dan menyusuri Kawasan bendungan yang indah karena pemandangan diatas pegunungan.

Bendungan Logung iki memang belum sepenuhnya dibuka untuk umum, namun wahana wisata perahu bisa dikunjungi oleh wisatawan karena inisiatif warga yang memanfaatkan Kawasan wisata tersebut.

Pak Hadi selaku perencana pembangunan wisata Tanjungrejo menyampaikan bahwa kunjungan di Bendungan Logung ini memang ramai Ketika akhir pekan, karena banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan suasana sejuk dan pemandangan yang indah.

“Kedepannya Desa Tanjungrejo memang digadang menjadi salah satu desa wisata di kabupaten Kudus. Konsep besar pembangunan potensi wisata di Desa Tanjungrejo sudah dibuat, tinggal menunggu proses pembangunan untuk memaksimalkan potensi tersebut” ujarnya.

Kordes KKN IAIN Kudus Desa Tanjungrejo Hilmi Maula menyampaikan keterangan dari pemerintah desa terdapat  6 potensi wisata yang diunggulkan kami survey pertama dari waduk logung yang paling menonjol dari desa tanjungrejo.

“Setelah mengetahui potensi wisata yang ada di desa Tanjungrejo ini, nantinya tim KKN IAIN Kudus akan mencoba membantu menaikkan dan mempromosikan wisata ini untuk kembali ramai pengunjung karena beberapa bulan lalu sempat mengalami penurunan pengunjung karena PPKM. Sekaligus juga merespon harapan dari pemdes untuk Kembali mengangkat potensi wisata di Desa Tanjungrejo” terangnya.

Adapun 6 potensi wisata yang ada adalah Bendungan Logung, wisata Outbound Cengkir Manis, Wisata sabin Cafe & Sawah Segaran, Wisata Jembatan Pelangi,  Wisata Kampung Iklim (kampung Anggur), dan Wisata Museum Tanjungmojo.

Sementara itu DPL KKN IAIN Kudus Desa Tanjungrejo Hj. Any Umy Maslahah, M.Pd menyampaikan bahwa dari 6 potensi wisata yang ada Bendungan logung memang diunggulkan dari pemerintah desa.

“Untuk meningkatkan apa volume wisatawan, teman-teman dari KKN akan memanfaatkan website Desa serta melakukan promosi melalui media sosial agar informasi lebih meluas ke masyarakat. Melalui promosi yang menarik tentang bendungan logung maka wisatawan bisa berbondong-bondong datang ke sana” terangnya.

 

Lebih lanjut Any menambahkan bahwa ada amanah dari kampus dalam pelaksanaan program KKN-IK adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan moderasi beragama.

“Bagaimana agar kemunculan konsep moderasi beragama itu ada didalam wisata desa Tanjungrejo. Kami akan menyarankan untuk dilengkapi agar sesuai dengan konsep moderasi beragama misalnya pemberian Fasilitas tempat beribadah” pungkasnya.

Penulis : Tim KKN IK Desa Tanjungrejo

Editor: Yusi

Share this Post:

Related Posts: