Prodi Tadris IPS sebagai Penutup Akreditasi Prodi Pada Tahun 2021 di Fakultas Tarbiyah

Blog Single

Program Studi Tadris IPS menjadi prodi terakhir di Fakultas Tarbiyah yang melaksanakan asesmen lapangan untuk mendapatkan pengakuan akreditasi program studi dari BAN PT. Asesmen yang dilaksanakan secara daring ini diselenggarakan pada Rabu-Kami (7-8/7/2021).

Asesor yang ditugaskan oleh BAN PT untuk mengkonfirmasi lembar evaluasi diri (LED) dan lembar kerja program studi  (LKPS) adalah Dr. Umasih, M.Hum. Universitas Negeri Jakarta dan Dr. Zaenal Arifin, M.Hum. Universitas Andalas.

Wakil Rektor I Prof, Dr. H. Supa’at, M.Pd. hadir mewakili Rektor membuka pelaksanaan asesmen lapangan ini. Dalam sambutannya Supa’at menyampaikan bahwa dalam tahun 2021 ini IAIN Kudus melaksanakan reakreditasi dan akreditasi prodi baru dengan total 15 prodi. 6 akreditasi prodi baru diantaranya dari Fakultas Tarbiyah. Dan prodi Tadris IPS merupakan prodi terakhir di Fakultas Tarbiyah yang menjalani asesmen lapangan. Dari proses asesmen ini Supa’’at mengharap kritik, dan pembetulan, hal ini demi perbaikan dan kemajuan prodi Tadris IPS.

“ Asesmen lapangan bagi kami merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses belajar agar kita selalu mendapatkan pemahaman dan pencerahan, serta arahan-arahan dari asesor akan menjadi bekal dalam menjalankan tugas sebagai pengelola perguruan tinggi dan pengelola program studi bisa sesuai dengan peraturan negara dan juga memenuhi harapan masyarakat” katanya.

Sementara itu Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Abdul Karim, M.Pd. menyampaikan bahwa dengan sekian banyak pengalaman AL yang dilaksanakan Fakultas Tarbiyah, beban dekanat, tim akreditasi, dan tenaga kependidikan dalam menghadapi AL bisa berkurang.

“Dari sekian pengalaman itu, pertama kami dapat semacam strategi bagaimana cara merespon pertanyaan-pertanyaan dari asesor.  Kedua kedua bisa belajar dari contoh-contoh laporan dan jawaban-jawaban yang disampaikan tim prodi yang lebih dahulu maju” jelasnya.

Dari pelaksanaan AL ini Karim  berharap dengan adanya akreditasi prodi Tadris IPS ini bisa memicu lebih giat lagi prodi-prodi lain di Fakultas Tarbiyah yang akan menjalani akreditasi di tahun-tahun yang akan datang agar lebih siap dan lebih menunjukan prestasi yang membanggakan bagi fakultas maupun bagi prodi yang bersangkutan, lebih umum lagi untuk IAIN Kudus.

Pada kesempatan yang sama Yusuf Falaq, M.Pd. selaku Kaprodi Tadris IPS mengapresiasi dukungan mulai dari pimpinan, tim akreditasi, dan mahasiswa serta seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan asesmen lapangan ini. Dirinya berharap bahwa apa yang diperjuangkan bersama untuk proses akreditasi pertama bagi prodi Tadris IPS dapat  memperoleh hasil yang maksimal.(Yusi)

Share this Post:

Related Posts: