IAIN Kudus Selenggarakan KKN-IK Dari Rumah di Era Pandemi Covid 19

Blog Single

Pandemi Covid 19 yang belum reda tidak menghalangi IAIN Kudus dalam melaksanakan berbagai aktifitas akademiknya. Setelah menuntaskan perkuliahan dengan model daring, IAIN Kudus melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) akan menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi Dari Rumah (KKN-IK DR).

Program KKN Terintegrasi Kompetensi sebenarnya merupakan kegiatan yang secara periodik diselenggarakan oleh LPPM IAIN Kudus. KKN terintegrasi Kompetensi ini merupakan kegiatan kurikuler pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang terintegrasi dengan kompetensi program studi.

Namun pelaksanaan KKN IK tahun ini dipastikan akan berbeda dengan masa sebelumnya. Jika periode sebelumnya, peserta KKN IK terjun langsung ke masyarakat, maka tahun ini peserta KKN IK akan melaksanakan pengabdiannya dari rumah atau tempat tinggalnya masing-masing.

Dalam acara Pembekalan  Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN-IK DR di Aula Lantai 2 Gedung SBSN Fakultas Tarbiah pada Rabu (10/06/2020), Wakil Rektor I, Dr. H. Supa’at, M.Pd menyampaikan bahwa kebijakan tentang pelaksanaan KKN ini merupakan pilihan yang tepat untuk dilaksanakan pada kondisi seperti ini.

 “Format yang ditetapkan dalam kebijakan ini merupakan format yang tetap mempertimbangkan protokol kesehatan, yaitu pro social distancing dan pro physical distancing” ujarnya.

Selain itu Supaat menghimbau agar para DPL bisa menarasikan pelaksanaan KKN-IK DR kepada para peserta secara jelas. Agar pelaksanaan KKN-IK berlangsung secara sukses dan tidak kehilangan substansi dari KKN-IK tersebut.

Menambahkan hal tersebut Ketua LPPM, Mohammad Dzofir menjelaskan bahwa KKN-IK DR ini adalah bentuk respon sekaligus penyesuaian diri terhadap kondisi di era pandemi Covid 19.

Dzofir mengakui bahwa KKN IK DR ini adalah model KKN baru di lingkungan IAIN Kudus yang tentunya belum familiar di kalangan dosen maupun mahasiswa.

“Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari rumah sudah pasti bukan hal yang mudah dan ideal, karena akan dihadapkan pada banyak keterbatasan sekaligus tantangan. Namun dengan kerjasama yang baik antara Tim Panitia, DPL dan mahasiswa, Insyaallah KKN IK DR akan berjalan dengan lancar.”ungkapnya.

KKN-IK DR ini akan memanfaatkan media social untuk melakukan edukasi dan penguatan atas kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang wabah Covid-19 dan moderasi beragama. Selain itu KKN IK DR juga akan diwujudkan dengan melakukan kegiatan produktif yang berkaitan dengan keilmuan sesuai dengan program studi masing-masing.

Kegiatan KKN IK DR tahun 2020 akan diikuti oleh 2.404 peserta  yang berasal dari 5 Fakultas. dan akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juli hingga 31 Agustus 2020.

Menanggapi pelaksanaan KKN-IK DR, Fandi Ahmad Fajar salah satu calon peserta KKN dari Program Studi Manajemen Dakwah meyampaikan bahwa untuk keberlangsungan program pendidikan di tengah situasi seperti ini, pelaksanaan KKN IK DR semoga menjadi solusi tepat. (Yusi-Humas IAIN Kudus)

Share this Post:

Gallery Foto

Gallery Thumb 1Gallery Thumb 1

Related Posts: