Produksi Hand Sanitizer, IAIN Kudus Bantu Pencegahan Covid 19

Blog Single

Sebagai bentuk kepedulian dalam pencegahan penularan infeksi Covid-19, IAIN KUDUS melalui Lembaga Penelitian dan Pengadian Masyarakat (LPPM) bekerja sama dengan mahasiswa Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus memproduksi hand sanitizer untuk disumbangkan ke PMI Kudus. Penyerahan simbolik dilakukan oleh Rektor IAIN Kudus didampingi oleh Para Wakil Rektor dan diterima langsung oleh Sekretaris PMI Kudus  Drs Imam Santoso, M.Or di Aula SBSN Tarbiyah Lantai 1 pada Rabu (1/4/2020).

Produksi hand sanitizer dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa program studi Tadris IPA, di bawah bimbingan dosen Muhamad Imaduddin, M.Pd., di Laboratorium Terpadu IAIN Kudus. Produk hand sanitizer karya mahasiswa ini dibuat dengan menggunakan standar yg telah ditetapkan oleh WHO.

Rektor IAIN Kudus Dr. H. Mundakir, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yg dilaksanakan oleh civitas akademika IAIN Kudus. Dengan bantuan hand sanitizer ini diharapkan dapat memutus mata pantai penyebaran covid 19. Selain itu IAIN Kudus, melalui unit kegiatan mahasiswa KSR juga terlibat secara aktif membantu PMI Kudus dalam melakukan penyemprotan disinvektan di berbagai fasilitas umum, tempat Ibadah, instansi, tempat pendidikan, tempat wisata di wilayah kabupaten Kudus.

“Saat in kami juga sedang melakukan revisi anggaran sesuai dengan instruksi pemerintah, sebagian dari DIPA kita, kita alihkan dalam rangka menanggulangi merebaknya  virus corona” ujarnya.

Mundakir menambahkan bahwa pemberian ini semoga dapat bermanfaat untuk masyarakat. Selain itu mengharap masyarakat dapat mengambil hikmah dari kejadian ini yaitu  untuk dapat membiasakan diri menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Pihak PMI mengapresiasi keterlibatan IAIN Kudus dalam pencegahan penularan corona dengan memproduksi dan menyumbangkan hand sanitizer ke PMI.

“ Terima kasih atas pemeberiannya, harapan kami, kita semua terutama dari kalangan akademisi untuk lebih banyak peduli dari pada masyarakat yang lain” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Mohammd Dzofir selaku ketua LPPM menyampaikan bahwa kegiatan Kuliah Kerja Nyata IAIN Kudus tahun 2020, salah satunya, akan diarahkan untuk pencegahan penyebaran covid 19. Dia berharap dengan keterlibatan mahasiswa IAIN Kudus dapat membantu mencegah penyebaran covid 19 secara meluas. (Yusi-Humas IAIN Kudus)

Share this Post:

Gallery Foto

Gallery Thumb 1Gallery Thumb 1

Related Posts: