Antisipasi COVID 19, IAIN Kudus Secara Gotong Royong Sanitasi Lingkungan Kampus

Blog Single

Salah satu upaya pencegahan penyebaran coronavirus disease 19 (COVID 19) IAIN Kudus melakukan sanitasi di seluruh lingkungan kampus, dengan melakukan penyemprotkan cairan desinfektan berupa cairan klorin dan cairan alkohol pada Selasa (17/03/2020).

Kepala Biro AUAK Dr. H. Karsa Sukarsa, M.M menyampaikan bahwa IAIN kudus dengan serius dan cepat  merespon surat edaran dari kementerian agama nomor B-574.1/DJ.I/HM.01/03/2020 tentang kesiapsiagaan dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit pneumonia di lingkungan madrasah, pondok pesantren, dan pendidikan tinggi keagamaan islam dan  Nomor 069-08/2020 tentang pelaksanaan protokol penanganan covid-19 di area publik di lingkungan Kemenag RI.

“Hal Pertama yang telah kita lakukan yaitu sementara menghentikan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, dengan mengalihkan pembelajaran melalui online. Kedua  seminar, workshop dan segala kegiatan akdemik dan kemahasiswaan lainnya ditiadakan” ujarnya.

Lanjutnya saat memberikan pengarahan kepada para perwakilan unit, Karsa menyampaikan hari ini kita secara bergotong royong melakukan pembersihan seluruh ruangan dan fasilitas pendidikan di IAIN Kudus dengan penyemprotan desinfektan agar lingkungan IAIN Kudus tetap dalam kondisi bersih dan higienis. Dilanjutkan dengan pemberian perlengkapan penyemprotan desinfektan meliputi cairan klorin, cairan alkohol, alat penyemprot, pelindung tangan dan badan.

“Kegiatan kesiapsiagaan ini diharapkan dapat meredam kepanikan beberapa pegawai, sehingga tetap merasa aman saat berada di lingkungan kampus” pungkasnya.

Himbauan tindakan pencegahan tidak hanya berupa menjaga dan memastikan tempat kerja bersih dan higienis, selanjutnya melakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan forehead thermometer,rajin mencuci tangan dan atau menggunakan handsanitizer. Tak hanya itu IAIN Kudus juga melakukan kegiatan promotive pencegahan penyebaran covid-19 melaui media masa dan pemasangan stand banner.

Sambungnya apabila mendapati pasien yang telah terinfeksi covid-19 agar tidak mengantarkan ke rumah sakit, tapi harus mengikuti alur sesuai arahan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus. Yaitu dengan menghubungi nomor hotline dinas kesehatan 085290119000 agar pasien yang terinfeksi bisa dijemput petugas untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.  (Yusi-Humas IAIN Kudus)

Share this Post:

Related Posts: