Bahas Kewirausahaan dan Perekonomian Daerah, IAIN Kudus Undang Anggota DPR RI dan BI

Blog Single

IAIN Kudus melalui Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) IPS menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan & Sosialisasi Peran dan Fungsi Bank Indonesia Dalam Pengendalian Inflasi Daerah dengan narasumber Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Komisi XI Dr. H. Mustofa, SE. MM dan Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia (BI) , Iss Savitri Hafid, MA di Gedung SBSN Tarbiyah Lantai 2 pada Rabu (11/3/2020).

Acara yang dibuka langsung oleh Rektor IAIN Kudus ini dihadiri Humas Bank Indonesia Ignatius Adhi Nugroho, Plt Bupati Kudus yang diwakili oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, dan UKM Bambang Tri Waluyo, SH. serta 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa Prodi tadris IPS, Mahasiswa IAIN, Karangtaruna, dan pelaku UMKM di Kab. Kudus.

Dalam sambutannya Rektor membahas soal lesunya pasar tradisional saat ini, dimana terdapat adanya penurunan dikarenakan banyak bermunculnya ritel minimarket bahkan hingga di pelosok desa.

“Nah inilah yang menjadi hal yang perlu diperbaiki dalam perekonomian masyarakat kita” ucapnya.

Lanjutnya dengan kehadiran Mustofa dalam acara ini diharapkan mampu meningkatkan kehidupan  UMKM terutama di Kabupaten Kudus.

Sebagai perwakilan BI Iss Safitri menyampaikan prioritas program  sosial BI diantaranya peningkatan SDM Unggul, program pemberdayaan UMKM, program penguatan pariwisata dan pelestarian budaya, program penguatan pengembangan ekonomi syariah, program pengembangan ekonomi dan keungan digital, program kepedulian sosial.

Sebagai pembicara utama Mustofa yang pada saat menajabat sebagai Bupati Kab. Kudus dinobatkan sebagai  Bapak UMKM Jawa Tengah ini memotivasi para mahasiswa agar keluar dari comfort zone  (Zona nyaman).

“Selama 24 jam itu sisa dari waktu untuk tidur dan kuliah/belajar, sisakan waktu untuk berinvestasi maksudnya untuk berorganisasi, menambah ilmu, building relationship, dan modeling” ujarnya

Lanjutnya 4 point ini merupakan modal bagi mahasiswa untuk bisa mengalokasikan waktunya untuk bisa terjun dalam dunia kewirausahaan.

Dalam kesempatan yang sama Bambang menyampaikan sambutan plt Bupati Kudus dimana mengharapkan melalui seminar ini, dapat memberikan pengatahuan kepada para pelaku usaha sehingga mampu memberikan motivasi untuk terus berkembang, mandiri dan akhirnya mampu mengambil peran dalam pembangunan ekonomi.

“Kehadiran Bapak Mustofa semoga memberikan kontribusi yang positif menyerap aspirasi demi perkembangan kab Kudus” pungkasnya. (Yusi-Humas IAIN Kudus)

 

Share this Post:

Related Posts: