Tanda Tangani MOU dengan Dirjen PHU, IAIN Kudus Siap Selenggarakan Sertifikasi Pembimbing Haji

Blog Single

Sebagai bentuk komitmen dalam penguatan kelembagan terutama dalam manajemen haji dan umroh, IAIN Kudus menjalin kerjasama dengan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), hal ini ditandai dengan penandatangan MOU pada pembukaan Rapat Kerja dan Anggaran IAIN Kudus Tahun Anggaran 2020 di Hotel Griya Persada Bandungan Semarang pada 6 Maret 2020.

Penandatangan MOU IAIN Kudus melalui Rektor IAIN Kudus Dr. H. Mundakir, M.Ag dan Pihak Dirjen PHU oleh Prof. Dr. Nizar, M.Ag. disaksikan oleh jajaran pimpinan di IAIN Kudud. MOU ini berkaitan dengan sertifikasi pembimbing Haji. Dalam sambutannya Mundakir menyampaikan bahwa dengan adanya MOU ini maka melalui prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus dapat menyelenggarakan sertifikasi haji.

“Sertifikasi dalam hal ini terkait dengan proses kegiatan, asesor, narasumber, monitoring, dan evaluas sertifikasi. Dan penyelenggaran ini kita sasarkan untuk para pendamping haji dan umroh di Pantura Timur atau se-Karesidenan Pati Plus Demak” katanya.

Dalam kesempatan yang sama Prof Nizar sekaligus Plt Sekjen Kementerian Agama RI menyampaikan bahwa PTKIN yang telah menerima program sertifikasi pembimbing haji sebanyak 17 PTKIN dengan 2 PTKIN adalah IAIN, dan satu diantaranya adalah IAIN Kudus.

“Hanya PTKIN yang memiliki prodi atau konsentrasi manajemen haji dan umroh yang berhak menyelenggarakan sertifikasi pembimbing haji dan umroh” ujarnya.

Lanjutnya Nizar menyampaikan Program Manajemen Haji dan Umroh di Fakultas Dakwah berfokus pada penyelenggaraan pembimbingan haji dan umroh,  sementara itu jika di Fakultas Ekonomi  & Bisnis Islam, akan lebih berfokus pada persiapan bisnis haji dan umroh.

Adanya peluang dalam  bisnis haji dan umroh Nizar menyarankan perlunya dilakukan MoU dengan Amphuri. “Untuk memastikan mahasiswa terserap kedalam dunia usaha, serta memberikan pengalaman pemagangan mahasiswa dengan PPIU dibawah koordinasi Amphuri” ujarnya. (Yusi- Humas IAIN Kudus)

Share this Post:

Related Posts: