IAIN Kudus Ikut Sukseskan KKN Nusantara di NTT

Blog Single

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara yang telah berlangsung selama satu bulan di wilayah Kecamatan Sulamu, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah berakhir dengan berbagai capaian kegiatan yang layak dibanggakan. KKN Nusantara yang diiikuti oleh mahasiswa IAIN Kudus dan 25 PTKIN se-Indonesia secara resmi ditutup oleh gubernur NTT, Victor Laiskodat pada acara penutupan yang digelar di rumah dinas gubernur pada Jumat (14/02/2020).

Dalam sambutannya Gubernur NTT, Victor Laiskodat mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada 26 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang telah menyelenggarakan KKN Nusantara. KKN Nusantara yang mengusung tema moderasi beragama ini selaras dengan kebijakan pemprov NTT yang mengedepankan harmoni dalam kehidupan beragama. Apalagi masyarakat NTT memiliki tradisi yang kuat dalam toleransi antar umat beragama. Victor Laiskodat juga bangga dengan aktifitas peserta KKN Nusantara dalam program pemberdayaan ekonomi.

 “Adik-adik mahasiswa ini memiliki kemampuan dan kreatifitas yang tinggi. Hal ini dibuktikan melalui berbagai program pemberdayaan ekonomi masyarakat desa di Kecamatan Sulamu” ucapnya.

Lebih lanjut Victor berharap SKPD Pemprov NTT terkait dapat bersinergi dengan program kegiatan KKN Nusantara.

Dalam kesempatan tersebut perwakilan koordinator desa (kordes) KKN Nusantara berkesempatan mempresentasikan hasil program KKN dihadapan Gubernur dan seluruh Pimpinan SKPD Pemprov NTT.

Suwendi selaku Kasubdit Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat merasa senang kegiatan KKN Nusantara yang diinisiasi oleh Direktorat PTKI Ditjen Pendis Kemenag RI ini dapat berlangsung dengan sukses dan mendapat apresiasi dari pemprov dan masyarakat NTT.

Mohammad Dzofir, Ketua LPPM IAIN Kudus berharap kerja sama antara PTKIN dan Pemprov NTT dapat ditingkatkan di masa mendatang dan diperluas lingkup kegiatannya. Nantinya kerjasama ini tidak hanya terbatas dengan Pemprov NTT tetapi juga daerah 3 T lainnya di wilayah NKRI. Dzofir juga mengungkapkanm, saat ini  IAIN Kudus juga mengirimkan peserta KKN di Provinsi Ambon dengan tema Trauma Healing. Peserta KKN menyelenggarakan kegiatan terapi pemulihan bagi anak anak pasca gempa di Ambon. Pada bulan Juli, IAIN Kudus juga akan memberangkatkan 2700 mahasiswa KKN dengan mengusung tema moderasi beragama di wilayah Jawa Tengah. (LPPM)

Share this Post:

Related Posts: