Launching Rumah Moderasi Beragama IAIN Kudus, Wakil Menteri Agama: Rujukan Cara Berfikir, Bersikap Dan Berprilaku Moderat

Blog Single

Menyebarnya virus radikalisme di kalangan akademisi menjadi perhatian IAIN Kudus untuk mewujudkan dan mengedepankan paham Islam moderat dalam implementasi kehidupan sehari-hari. Terkait hal tersebut IAIN Kudus menyelenggarakan Seminar Nasional Sosial Keagamaan dengan tema “Refleksi Moderasi Beragama di Kudus dalam Bingkai Ilmu Islam Terapan", serta melauncing Rumah Moderasi Beragama yang diselenggarakan Aula lantai II Gedung SBSN Fakultas Tarbiyah pada Jumat(14/02/2020).

Rumah moderasi beragama secara resmi dilaunching oleh Wakil Menteri Agama RI Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si. didampingi oleh Plt. Kepala Kantor Wilayah Provinsi Jawa Tengah Drs. H. Ahyani, M.S,I.,  Rektor dan Wakil Rektor IAIN Kudus.

Dalam sambutannya, Zainut berharap bahwa melalui rumah moderasi beragama ini akan lahir riset –riset yang menjadi bahan rujukan.

“Saya juga berharap akan lahir riset-riset yang dapat dijadikan rujukan masyakat, untuk mengimplementasikan cara berfikir, bersikap dan berprilaku moderat. Disinilah pentingnya riset-riset keagmaaan terapan yang akan memandu masyarakat yang hidup ditengah-tengah pluralitas bangsa” ucapnya.

 Lanjutnya IAIN Kudus diharapkan melahirkan para intelektual organik, profesional yang berdedikasi dan penggerak masyarakat yang mampu menyelesaikan problem-problem kemasyarakatan dan kebangsaan. Agama dan negara tidak perlu dipertentangkan harus saling mengisi satu dengan lainnya.

“Kita membutuhkan kader-kader bangsa yang mencintai agamanya dengan baik sekaligus mencintai bangsa dan negaranya dengan baik dalam satu tarikan nafas” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Rektor IAIN Kudus menyampaikan bahwa rumah moderasi islam dikudus akan menjadi khasanah keislaman di Kudus.

“Saya berharap, rumah moderasi ini akan bisa mewarnai masyarakat, khususnya pantura wilayah timur,” pungkasnya. (Yusi-Humas IAIN Kudus)

Share this Post:

Related Posts: