Siapkan Format SKPI, Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Kudus lakukan studi banding ke UIN Bandung

Blog Single

Dalam rangka mempersiapkan format Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) sesuai dengan amanat  Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang diundangkan tahun 2014 yang akan diberlakukan bagi mahasiswa semester VI, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus melakukan studi banding ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada Rabu (29/01/2019).

Kunjungan kali ini Fakultas dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus diwakili  oleh Dekan, Wakil Dekan, Ka Prodi, Kabag, dan Kasubbag dengan total 11 personil. Dan diterima langsung oleh Dekan Fakultas dakwah dan Komunikasi Islam UIN Sunan Gunung Dati Bandung.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Dr. Masturin, M. Ag menyampaikan bahwa sebelumnya sudah mengantongi format SKPI dari Fakultas Dakwah dari UIN Walisongo Semarang, IAIN Surakarta, dan IAIN Salatiga.

“Dari semua format itu akan kita bandingkan mana kira-kira yang sesuai , baik dan pas dengan apa yang akan kita terapkan” ujarnya.

Lanjutnya  Masturin menyampaikan bahwa teknisnya mahasiswa harus menginput sertifikat yang dimiliki ke sistem. Minimal mahasiswa harus menginput minimal 5 sertifikat yaitu (1) sertifikat TOEFL (test of English as a Foreign Languange), (2) Sertifikat TOAFL (test of arabic as a foreign language), (3) Sertifikat Komputer, (4) Sertifikat Kompetensi Prodi (minimal 2).

“Untuk sertifikat kompetensi prodi ini mahasiswa harus magang ke lembaga atau instansi yang sudah memiliki ijin” katanya.

Tujuan adanya SKPI ini yaitu agar mahasiswa ketika lulus memiliki kompetensi tentang keprodian dan saat melamar pekerjaan perusahaan bisa langsung melihat kompetensi mahasiswa dari SKPI tersebut.

Selain itu kesempatan ini juga dimanfaatkan rombongan untuk studi banding mengenai Akreditasi prodi dan penataan laboratorium yang terdapat pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (Yusi-Humas IAIN Kudus)

Share this Post:

Related Posts: