Tingatkan Pemahaman Visi Kampus, IAIN Kudus Gelar Seminar Nasional Keagamaan

Blog Single

Dalam rangka membekali dan meningkatkan pemahaman visi kampus terkait ilmu Islam terapan, IAIN Kudus menyelenggarakan Seminar Nasional Keagamaan di Aula Gedung SBSN Tarbiyah lantai II pada Senin kemarin (11 dan 18/11/2019).

Dalam sambutannya Wakil Rektor I Dr. H. Supaat, M.Pd menyampaikan bahwa seminar ini sangat penting khususnya untuk para ketua prodi, calon dosen, dan mahasiswa pascasarjana. Bahkan mewajibkan peserta untuk secara penuh mengikuti hingga akhir.

“Seminar ini terdiri dari dua paket, Paket pertama ini membahas tentang ontologi dan epistemologi ilmu Islam Terapan. Sementara paket kedua akan digelar pada 18 November 2019, dengan tema konsep dan implementasi integrasi ilmu dalam kurikulum KKNI IAIN Kudus” ujarnya.

Seminar pertama menghadirkan dua narasumber untuk membahas tentang ontologi dan epistimologi ilmu islam terapan yakni Rektor IAIN Kudus, Dr. H. Mundakir, M.Ag dan Prof. Dr. H. Muslim A. Kadir, MA. Sedangkan pelaksanaan seminar yang kedua menghadirkan Wakil Rektor I UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag.  untuk membahas tema konsep dan implementasi integrasi ilmu dalam kurikulum KKNI IAIN Kudus.

Lebih lanjut Supaat menjelaskan Peserta utama tetap dari paket pertama dan kedua. “Peserta yang mengikuti sesi yang kedua harus memiliki pemahaman yang utuh dari segi ontologi dan epistimologi ilmu islam terapan”  ucapnya.

Tantangan yang dialami  PTKIN  saat ini yaitu perlunya menampilkan dan menjabarkan distingsi dalam kurikulumnya. Telah disepakati bahwa PTKIN harus beda dan memiliki domain yang berbeda dari perguruan tinggi umum lainnya.

Prof muslim menambahaan bahwa prodi umum seperti Biologi,fisika dan yang lainya yang ada di IAIN Kudus harus berbeda dengan prodi-prodi perguruan tinggi negeri lainnya. “Perbedaan itulah yang menjadi distingsi dan keunggulan kita. Karena kerangka keilmuannya dimulai dari monisme alquran dan sunnah” ujarnya. (Yusi-Humas IAIN Kudus)

Share this Post:

Related Posts: