Buka Kemah Bahasa Arab se- Jateng dan DIY di IAIN Kudus, Wagub Jateng: Mahasiswa Wajib Kuasai Bahasa Arab Di Era Digital

Blog Single

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah Taj Yasin, secara resmi membuka acara Kemah Bahasa Arab se-Jateng dan DIY yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab IAIN Kudus dengan DPW  Ittihadu Thalabati al Lughah al Arabiyah bi Indonesia atau Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab (ITHLA) Jateng-DIY di GOR IAIN Kudus pada Kamis (19/09/19).

Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi kegiatan kemah Bahasa Arab yang diikuti oleh 270 peserta yang berasal dari 14 Perguruan Tinggi Islam se-Jateng dan DIY. Sesuai dengan tema yang diangkat, Aktualisasi Bahasa Arab di Era Digital, menjadi poin penting dalam kegiatan tersebut.

“Di era digital ini, pastilah Indonesia akan berhubungan dengan Negara-negara lain”, terang belaiu. Lanjutnya, dengan adanya  kegiatan Kemah Bahasa Arab seperti ini, menjadi wadah membentuk para kader terutama mahasiswa dalam hal penerjemah dan pendamping warga asing yang sekedar berwisata atau berniaga. Untuk mewujudkan ahli dalam berbahasa Arab, perlu adanya kebiasaan yang sering dilakukan setiap harinya.

“Jika ingin menguasai berbahasa arab, maka pertama yang harus dilakukan adalah menyamakan porsi berkomunikasi seperti bahasa jawa terlebih dahulu,” tutur Gus Yasin sapaan akrabnya. Lanjutnya, dengan membiasakan berbicara dengan bahasa arab dalam keseharian maka akan mudah mengetahui bagian mana saja yang perlu diperbaiki, terutama pembetulan pada nahwu shorof-nya.

Menurut beliau, tidak menutup kemungkinan negara berbahasa Arab akan menjadi central, dan bahasa Arab sudah menjadi bahasa internasional. “Kita tidak boleh ketinggalan, kita harus menyiapkan kader-kader kita selain berbahasa arab, berbahasa inggris, berbahasa mandarin kita dorong semuanya.

Sependapat dengan Wagub, Rektor IAIN Kudus Dr. H. Mundakir, M. Ag pun mengapresiasi acara Kemah Bahasa Arab yang akan diadakan selama tiga hari, yaitu mulai Kamis hingga Sabtu mendatang, yang bertempat di Graha Muria dan Taman Ria Colo Kudus.

“Saya senang dengan adanya kegiatan ini, karena bisa meningkatkan kompetensi yang akan dibutuhkan kedepannya,” terangnya. Menurut beliau, perlunya memiliki kemampuan berbahasa arab dapat menjadi modal tersendiri untuk berkiprah di dunia kerja nantinya. (Yusi-Humas IAIN Kudus)

Share this Post:

Gallery Foto

Gallery Thumb 1Gallery Thumb 1

Related Posts: