1.130 Maba Fakultas Tarbiyah Ikuti SG Bersama Prof. Kumaidi Ph. D

Blog Single

Dipadati oleh 1.130 mahasiswa baru (Maba), Studium General (SG) Fakultas Tarbiyah datangkan narasumber nasional, Prof. Kumaidi Ph D. di Gedung Olahraga Kampus Timur IAIN Kudus, pada Rabu (28/08/2019).

Dengan tema, “Tantangan Pendidikan Islam Pada Era Generasi Z” menjadi fokus utama dunia pendidikan, khususnya bagi mahasiswa Tarbiyah Sivitas Akademika IAIN Kudus. Wakil Rektor I Dr. Supaat M.Ag menuturkan,  tema yang diangkat pada acara Studium General ini, diharapkan bisa memberi wawasan Maba mengenai tantangan dan peluang pendidikan Islam di era milenial.

“Harapannya, Maba mengetahui bagaimana menjadi generasi pendidik di era milenial yang mampu menjalani tantangan zaman,” ujarnya.

Prof. Khumaidi menjelaskan, untuk menjadi pendidik yang berhasil di era milenial tidak jauh dari tuntunan agama, yaitu dengan menjaga amanah orangtua selama kita berproses menuntut ilmu (red: berkuliah).

“Maba harus meluruskan niat, kemudian mengingat  tujuan kuliah dan berperioritas untuk kuliah selesai tepat waktu,” jelas beliau selaku Guru Besar Universitas Negeri Yogjakarta. 

Lebih detail beliau menjelaskan, ada tiga  kunci utama  kesuksesan yang harus dimiliki, yaitu dengan menerakan prinsip man jadda wa jadda  (Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil), man shobaro dzofira (siapa yajng  bersabar pasti beruntung), man sara ala darbi washala (siapa yang berjalan di jalan-Nya akan sampai ditujuan).

“Ketiga hal itu perlu direnungkan dan diharapkan dapat mengimplementasikan dalam hidup,” tutur beliau.

Melalui motivasi yang telah diberikan oleh Prof. Khumaidi, selaku Maba di Program Studi (Prodi) PIAUD  Alfan Nurus Syarief menerangkan, ulasan-ulasan yang telah diberikan Prof. Khumaidi, mampu menjadi semangat dalam menjadi pendidik di era milenial.

nya mampu menginspirasi mahasiswa baru, salah satunya Alfan Nurus Syarief mahasiswa program studi PIAUD.

“Perjalanan hidup serta semangat  dalam menjalani proses pendidikan beliau, tepat dijadikan tauladan. Hal seperti inilah yang kami butuhkan sebagai Maba, sehingga saya semakin semangat menjalani perkuliahan kedepannya,” pungkasnya. (Yusi-Humas IAIN Kudus)

Share this Post:

Related Posts: