Aksi Kemanusian, KSR IAIN Kudus Gelar Aksi Peduli Donor Darah

Blog Single

Sebagai bentuk kepedulian sosial, KSR IAIN Kudus menyelenggarakan kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kudus di Gedung Perpustakaan lantai 1 pada Rabu (28/08/2019).

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Rektor III  Dr. H. Ihsan menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya sebagai program kemanusiaan.  Tetapi juga ada program kesehatannya, dan program berbagi dengan sesama.

“Karena berbagi tidak hanya berupa harta atau uang, tapi juga dengan apa yang terdapat pada diri kita, seperti donor darah ini,” terang beliau.

Diharapkan dengan kegiatan ini, lanjur beliau, seluruh peserta yang mengikuti donor darah dapat memberikan manfaat dan membantu pihak-pihak yang membutuhkan.

“Selain itu program ini juga sebagai sarana mahasiswa KSR untuk berlatih melayani masyarakat, terutama layanan donor darah” lanjut beliau.

Praptiningsih Humas Unit donor darah PMI Kudus menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan PMI Pusat yang diselenggarakan di seluruh Indonesia. Untuk IAIN Kudus sendiri berada dititik ke delapan dari sepuluh titik yang ada di Kabupaten Kudus.

“Saya tidak menyangka jika acaranya bakal seramai ini, kami minta maaf karena terjadi antrian yang Panjang, karena keterbatasan personil, tim kami yang hadir ada 10 orang terdiri dari dokter 2, admin 2, bagian laboratorium 2, pengambil darah 4,” ungkapnya.

Lanjutnya, terbukti acara ini mendapatkan apresiasi baik dari sivitas akademika IAIN Kudus. Sehingga jumlah pendaftar banyak dan meningkat.

Selaku ketua panitia, Suhaella menerangkan, jumlah pendaftar yaitu 193 pendonor, namun setelah menjalani tes, terdapat 56 orang yang tidak bisa mengikuti. Sehingga pelaksanaan donor darah dapat terkumpul 136 kantong.

“Seluruh mahasiswa antusias mengikuti kegiatan pendonoran darah ini, yang dimana untuk pelaksanaan pendonoran dilakukan rutin setiap tiga bulan sekali,” jelasnya.

Ia menjelaskan, di tahun ini merupakan event donor darah ke  tiga yang dilaksanakan. Untuk event selanjutnya akan dilaksanakan di Bulan November.

Salah satu peserta yang sudah lama menunggu, Hasan Asyari mahasiswa IAIN Kudus meyampaikan bahwa ini merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukannya. Saat ini sudah kedelapan kali untuk  mendonorkan darah.

“Harapannya dengan setetes darah ini, benar-benar dapat membantu orang yang membutuhkan,” pungkasnya. (Yusi-Humas IAIN Kudus)

Share this Post:

Gallery Foto

Gallery Thumb 1Gallery Thumb 1

Related Posts: