Tutup PBAK 2019, Rektor IAIN Kudus Kenalkan Pemateri Stadium General Bertaraf Nasional

Blog Single

Rektor IAIN Kudus Dr. Mundakir, M.Ag resmi menutup Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2019 yang melibatkan 3.111 mahasiswa baru di  Kampus Timur, pada Sabtu (10/08/2019).

Beliau menjelaskan, PBAK hanya sebagai langkah awal dan pengenalan untuk menjadi mahasiswa IAIN Kudus seutuhnya. Setelah kegiatan ini selesai, saudara (red: mahasiswa) akan mengikuti stadium general yang akan dilaksanakan oleh fakultas masing-masing.

“Stadium general yang akan dilaksanakan kedepannya akan mengundang pemateri tingkat nasional,” ungkap beliau.

Narasumber yang akan mengisi stadium general meliputi Prof. Dr. Amsal Bahtiar mantan Direktur Diktis Yogyakarta (Fakultas Ushuluddin), Dr. Muhammad Yamin mantan pengurus Tim Komisioner KPK (Fakultas Syariah), lanjut beliau, Dr. Gun Gun Heryanto dari UIN Syarif Hidayatullah (Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam), Prof. Sugirin P.h.D  dosen pascasarjana UNY (Fakultas Tarbiyah) dan Prof. Dr. Hadrin Kusuma M.B.A. Guru Besar UII (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam).

“Diharapaka para narasumber tersebut mampu memberikan pengalaman dan ilmu baru bagi seluruh mahasiswa IAIN Kudus, sesuai dengan fakultas masing-masing,” terang beliau.

Dalam kesempatan yang lain, Wakil rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Ihsan menjelaskan, selesainya kegiatan PBAK, seluruh mahasiswa tidak boleh melupakan semua materi dan pengalaman selama kegiatan PBAK berlangsung.

“Salah satunya materi ke IAIN an, yang wajib dipahami oleh mahasiswa baru (Maba). Karena sebagai bekal keseharian mashasiswa dalam berproses untuk meningkatkan kompetensi akademis di kampus,” ungkap beliau setelah mengisi materi ke IAIN an di Fakultas Dakwah.

Tak hanya pemberian materi ke IAIN an, banyak rangkain kegiatan yang diberikan kepada mahasiswa baru. Mulai dari pengenalan fakultas, pengenalan perpustakaan, organisasi mahasiswa dan unit kegiatan mahasiswa.

Gatot priambodo Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa menyampaikan, rangkaian kegiatan yang begitu padat akan memberi manfaat ke Maba. Ada kegiatan khusus yang diberikan kepada mahasiswa untuk melatih kekompakan dan kerjasama selama kegiatan PBAK.

“PBAK menampilkan paper mop sebanyak 12 gambar, yaitu play button, counting down 3 2 1, merah putih, tulisan IAIN kudus, dan PBAK 2019, serta Dirgahayu 74, emoticon dan lambang hati, tujuannya agar bisa kompak,” jelasnya.

Kemanfatan dan kemeriahan PBAK 2019 ini turut dirasakan oleh Erik Alfarado mahasiswa baru dari Prodi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah, ia menjelaskan bawa selama mengikuti PBAK banyak hal yang didapatkan. Mulai dari sejarah dan perkembangan IAIN Kudus dan pengenalan kegiatan kampus.

“Selama mengikuti PBAK, kami dituntut disiplin dan tepat waktu,” ungkapnya.  (Yusi-Humas IAIN Kudus)

Share this Post:

Related Posts: