2660 Peserta UM-PTKIN di IAIN Kudus Memperebutkan 1664 Kuota

Blog Single

Sebanyak 2660 peserta Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) melaksanakan ujian di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, pada Selasa, (28/05/2019). Peserta ujian akan memperebutkan kuota sebanyak 1664 yang tersebar di Perguruan Tinggi Islam Negeri seluruh Indonesia.

Supa`at, Wakil Rektor I IAIN Kudus selaku Ketua Panitia Lokal (Panlok) SPAN UM-PTKIN tahun 2019 bersyukur UM-PTKIN kali ini berjalan lancar. Kesuksesan UM-PTKIN ini, karena kerja sama panitia lokal dan panitia pusat serta berbagai pihak yang terkait.

Bagi peserta UM-PTKIN yang mengikuti ujian di IAIN Kudus, belum tentu akan mejadi mahasiswa di IAIN Kudus. “Karena kami (red: pihak kampus) hanya menjadi panitia lokal UM-PTKIN,” tutur Supa`at. Kemungkinan ada  peserta yang mendaftar di perguruan tinggi lainnya, namun memilih untuk mengikuti ujian UM-PTKIN  di IAIN Kudus.

Dalam pelaksanaan UM-PTKIN 2019, seperti tahun-tahun sebelumnya, IAIN Kudus menyediakan ruang-ruang kampus barat dan timur. Pelaksanya yang paling banyak diikuti peserta adalah tes dengan model paper based test (PBT) untuk IPS, kemudian IPC, dan IPA. Sedangkan untuk computer based test (CBT) diikuti 160 peserta.

“Kami merasa terhormat telah mendapatkan amanah ini. Kemarin sudah menyelenggarakan SPAN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional) dan sebanyak 540 mahasiwa sudah registrasi, mereka telah sah menjadi bagian dari IAIN Kudus,” jelasnya.

Pihak kampus sudah mengadakan kegiatan penerimaan mahasiswa baru (PMB) sebanyak dua kali. Bagi peserta ujian yang mengikuti SPAN atau UM-PTKIN dengan pilihan di IAIN Kudus namun belum diterima, kami masih membuka PMB untuk jalur lokal mandiri,” ungkapnya.

Pelaksanaan ujian lokal mandiri sudah dibuka sejak 13 Mei 2019, pihak kampus akan menutupnya sampai pada Jum`at 17 Juli 2019. Lanjut Supa`at, sudah ada 541 calon peserta ujian lokal mandiri yang mendaftar melalui sistem online di web resmi IAIN Kudus. Ia menyadari, bahwa pendaftar saat bulan puasa memang masih berum terasa, nanti ketika selesai lebaran akan melonjak naik.

“Tahun lalu untuk peserta yang mendaftar melalui jalur lokal mandiri mencapai 3724 dan yang diterima hanya 1925. Target mahasiswa baru mahasiswa IAIN Kudus tahun 2019 ini mencapai 3500 yang diambil dari tiga jalur penerimaan mahasiswa, yaitu SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Lokal Mandiri.

Rektor  IAIN Kudus, Mundakir mengatakan, melalui pelaksanaan UM-PTKIN bisa bersama-sama untuk menyukseskan khajat penting dalam menyeleksi mahasiswa baru. Pelaksanaan UM-PTKIN menjadi uswah yang bisa merekatkan kita semua. Sesuai misi Islam terapan, untuk mengembangkan khasanah keilmuan di civitas akademik IAIN Kudus.

“Jangan sampai ada kesan kurang baik dari peserta ujian, kita usahakan maksimal dan totalitas dalam melancarkan pelaksanaan UM-PTKIN di IAIN Kudus sampai selesai,” pungkas beliau, Rektor IAIN Kudus. (Salam/Humas IAIN Kudus)

Share this Post:

Gallery Foto

Gallery Thumb 1Gallery Thumb 1Gallery Thumb 1Gallery Thumb 1

Related Posts: