Anggaran Pendidikan Kemenag Lebih Kecil Dari Kemendikbud

Blog Single

Anggapan bahwa anggaran pendidikan di Kementerian Agama lebih besar dari Kemendikbud adalah keliru. Hal ini ditegaskan oleh Dr.Suwendi, Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat PTKI kegiatan National Meeting LP2M/P3M PTKIN pada hari Rabu, 20 Maret 2019 di Tangerang. Menurut Suwendi, total anggaran pendidikan tahun 2019 mencapai 487,9 triliun. Dari jumlah tersebut, anggaran yang dikelola Kemendikbud adalah sebesar 36 triliun dan Kemenristek Dikti sebesar 40,2 triliun. Sementara Kemenag memperoleh anggaran 51,9 triliun. Anggaran Kemenag kelihatan lebih besar karena anggaran tersebut diperuntukkan satker pusat hingga daerah. Sementara anggaran Kemendikbud hanya untuk membiayai satker pusat.

Lebih lanjut Suwendi menguraikan bahwa anggaran Kemenag tersebut digunakan untuk TPG, BOS, PIP, mutu pendidikan yang mencakup RA, MI, MTs, MA dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UIN, IAIN, STAIN dan PTKIS). Bahkan termasuk di dalamnya satuan pendidikan keagamaan Islam, seperti pendidikan diniyyah dan pondok pesantren. Termasuk juga satuan pendidikan keagamaan lainnya, seperti Kristen, katolik, hindu, budha dan Khonghucu.

Dalam kesempatan itu Suwendi juga menyampaikan kebijakan tentang Litapdimas (Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat). 

Kegiatan National Meeting LP2M/P3M PTKIN yang berlangsung dua hari, 20-21 Maret 2019, ini diikuti seluruh Wakil Rektor I dan Ketua LP2M/P3M PTKIN se Indonesia. Pertemuan  ini juga mengagendakan Evaluasi program tahun 2018 dan sosialisasi program tahun 2019, RTL dan Rekomendasi. (MDz)

Share this Post:

Related Posts: