Workshop Pengelolaan dan Penulisan Jurnal Internasional Berbasis Penelitian

Blog Single

Tantangan global menuntut peningkatan kualitas dosen dalam membuat laporan penelitian yang berstandar internasional. Hal ini dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan akan pengembangan karir dosen dan juga dibutuhkan oleh IAIN Kudus  untuk mencapai universitas riset kelas dunia (world class riset university). Hal tersebut disampaikan Rektor IAIN Kudus dalam Workshop ”Pengelolaan dan Penulisan Jurnal Internasional Berbasis Penelitian” diselenggarakan pada hari Jum`at - Minggu, tanggal 7- 9 Desember 2018 di Hotel Syariah Surakarta.

Lebih lanjut Mundakir menyatakan untuk mencapai cita-cita itu perlu dukungan dan partisipasi seluruh civitas academika untuk meningkatkan kinerja penelitiannya dengan meningkatkan kemampuan meneliti, meningkatan kualitas penelitian, dan  meningkatkan produktifitas publikasi hasil penelitian. Perlu ada dorongan yang kuat dari kampus untuk memotivasi civitas academik untuk mempublikasikan hasil penelitiannya kepada masyarakat luas agar bisa bermanfaat. 

Mundakir menyebutkan saat ini sedikit sekali jurnal ilmiah Indonesia yang bereputasi Internasional, sehingga hasil laporan penelitian para dosen yang dihasilkan  kurang dikenal dunia internasional. Sebagai upaya peningkatan kualitas pengelolaan jurnal dan penulisan artikel penelitian di lingkungan IAIN Kudus, maka  IAIN Kudus  akan terus berkomitmen dan berikhtiar menyiapkan jurnal-jurnal di lingkungan IAIN Kudus dalam menghadapi akreditasi nasional dan selanjutnya terindeks dalam database Internasional.

Mundakir juga mendorong kegiatan workshop ini dapat membimbing dan melatih para dosen muda untuk menulis laporan penelitian dalam bentuk artikel yang bisa diterbitkan di jurnal internasional yang terindex SCOPUS.

Workshop Pengelolaan dan Penulisan Jurnal Internasional Berbasis Penelitian ini akan diberikan oleh 4 (empat) narasumber yang berkompeten, sebagai berikut:

  1. Prof. Dr. Muhammad Abduh (Universitas Brunei Darussalam, Brunei)
  2. M. Nur Rianto Al Arif (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  3. Kundharu Saddhono (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
  4. Aditya Gunawan, Ph.D (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia)

Workshop yang berlangsung 3 hari ini diikuti oleh 120 Dosen IAIN, termasuk dosen tetap bukan PNS.

Share this Post:

Related Posts: