Mahasiswa MD Kuliah di Radar

Blog Single

Jum`at (30/10/2018) mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah (Prodi MD) IAIN Kudus melakukan kunjungan ke kantor pusat Radar Kudus. Kunjungan yg berlangsung sejak pukul 9.30-11.00 WIB itu dihadiri 31 mahasiswa IAIN Kudus dan 2 karyawan dari Radar Kudus. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Primi Rohimi, dosen pengampu mata kuliah ilmu komunikasi, sebagai langkah real dalam studi kasus mengenai pola komunikasi dalam sebuah perusahaan.

Dalam kunjungan tersebut,M Ulin Nuha, salah satu karyawan yang menjadi pembicara mengatakan bahwa dalam mencapai target (deadline pembuatan koran) semua pekerja baik reporter, fotografer, editor, layouter dan lain-lain harus sadar. Karyawan harus sadar akan pekerjaannya masing- masing. Dengan sama-sama memiliki kesadaran, setian karyawan akan menyelesaikan tugasnya dan saling aktif berkomunikasi agar selesai sebelum deadline. Dan koran bisa segera dicetak untuk didistribusikan ke agen dan tangan pembaca.

Menanggapi hal itu, Irena Inggit, koordinator kunjungan tertarik dengan sistem komunikasi yang terjalin apabila ada kendala tranaportasi. "Bagaimana cara menyampaikan kepada atasan apakah koran sudah terdistribusi atau belum? Terkait kondisi jalan raya yang kadang macet."

Jika kondisi jalan raya macet, komunikasi wajib dijaga. Jam beraoa koran selesaj dicetak, kendaraan distribusinya, kondisi jalan yang dilalui, jam berapa koran sampai ke agen dan ke tangan pembaca. Atau bahkan jika ada banjir, seperti tahun 2012 yang membuat kudus terisolasi, koran yang sudah tercetak gagal ke tangan pembaca. Jawab Ulin.

Sebagai redaktur pelaksana (RedPel), Ulin memahami betul alur pembuatan koran. Ada patokan-patokan yang harus dijaga. Semua pos harus saling memberitahu posisi karena semua berkesinambungan. Reporter harus mengirimkan berita maksimal pukul 6 sore. Dikarenakan sudah ditunggu editor. Setelah itu, tugas layouter untuk mengatur design penempatan berita. Ketika sudah tersusun rapi, akan segera dicetak dan didistribusikan. Sehingga pada pagi hari, koran sudah sampai ke tangan pembaca. (Primi)

Share this Post:

Gallery Foto

Gallery Thumb 1Gallery Thumb 1

Related Posts: